Monday, August 21, 2017

Tips dalam Mendirikan Startup



Sekian lama perusahaan startup semakin berkembang. Bahkan sekarang pemerintah ikut campur dalam hal pengembangan perusahaan berbasis teknoligi ini. Bukan hanya di Amerika, di Indonesia sendiri, perusahaan startup sudah mulai berkembang pesat beberaapa tahun ini.


Nama startup sendiri baru muncul beberapa tahun terakir. Karena dulunya perusahaan ini bernama software house. Dengan berkembangnya jaman, nama software house berubah menjadi startup. Apa sih hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mendirikan perusahaan startup?

1. Ide kreatif

Ya, ide kreatif merupakan salah satu faktor penting apakah startup yang didirikan nantinya akan hidup lama, atau hanya akan mati tertelan berkembangnya jaman. Contoh perusahaan startup yang masih bertahan lama adalah perusahaan yang membidangi online shop. Dikarenakan masyarakat Indonesia tergolong masyarakat yang konsumtif dalam hal belanja, maka perusahaan startup yang berfokus pada online shop bisa dibilang akan tetap aman sampai beberapa tahun kedepan.

2. Team

Dalam mendirikan startup, kita tidak bisa bekerja sendiri. Startup dapat berkembang dikarenakan kerja team. Dan mengumpulkan team yang cocok dalam membuat dan mengembangkan sebuah startup adalah hal yang tidak mudah. Jadi disini cobalah untuk mencari team dengan visi dan misi yang sama dengan kalian. Karena dengan berbedanya visi misi dalam mendirikan startup hanya akan melahirkan konflik yang rumit dikemudian hari.

3. Membuat hak paten

Setelah kalian selessai dengan kedua point diatas, langkah selanjutnya adalah untuk mematenkan produk kalian.

4. Strategi pemasaran

Setelah kalian mendapatkan ide kreatif , team yang kompak dan hak paten mulailah eksekusi untuk membuat produk kalian. Tahapan inilah yang kadang menjadi kendala disebuah perusahaan startup. Yaitu adalah pemasaran produk itu sendiri. Pemasaran adalah sesuatu hal yang penting dan menentukan produk itu akan berkembang atau akan stuck dilevel itu-itu aja. Jadi cobalah segala cara untuk dapat memasarkan produk kalian. Dengan target market yang jelas, saya yakin produk kalian akan bisa berkembang.

Dan jika semua sudah mulai berjalan dilevel aman, kalian tinggal memikirkan bagaimana cara mengembangkan produk kalian dengan mencari investor untuk membantu pembiayaan. Jangan lupa untuk selalu semangat dalam membangun startup. Karena masalah-masalah akan muncul tanpa kalian duga. Baik dari internal maupun dari eksternal. Dengan visi misi jelas dan tekad yang kuat, saya yakin kalian dapat meraih keberhasilan sesuai goal kalian dalam membuat startup.

2 comments

This comment has been removed by the author.

poin 2 dan poin 3 belum bisa saya kerjakan :(


EmoticonEmoticon